Skip to main content

Fungsi dan manfaat Reference di Microsoft Word

Daftar pustaka yang dibuat akan bersifat sistematis, Kenapa sistematis? Karena daftar pustaka akan disimpan didaftar rujukan dan bila rujukan dipilih maka rujukan tersebut dapat dibuat sebagai daftar pustaka dan tetatap tersimpan di daftar rujukan hingga microsoft word kalian di uninstal. Cara ini cukup mudah dilakukan hanya dengan memilih ribbon Menu [References] dan isi daftar [Citations & Bilbiography].

Untuk memudahkan pembuatan daftar pusakan akan saya jelaskan secara singkat pada panduan sebagai berikut yang saya bagi dalam 3 tahap :

1. Buat daftar sumber rujukan

Pada ribbon menu [references] di group menu [Citations & Bilbiography] tekan [Manage Source]

Perhatikan form source Manajer yang tampil setelah kalian menekan tombol [Manage Source]

  1. Search, Gunakan search untuk mencari atau menyaring data master list dan Current List
  2. Sort By, Pilih salah satu urutan yang kalian
  3. Browse, Untuk mencari sumber referensi (perlu pengetahuan lebih tentang extensi xml)
  4. Master List, Daftar rujukan akan tersimpan di sini, selama microsoft word kalian terinstall di komputer, daftar ini tidak akan hilan kecuali telah dihapus
  5. Action Button, tombol ini kalian gunakan sebagai tombol navigasi untuk mengendalikan daftar rujukan, berisi tombol copy, delete, edit, new.
  6. Current List, Daftar rujukan yang terpakai akan tersimpan di sini, caranya dengan memilihih rujukan dari master list dan menekan navigasi copy dan daftar rujukan tersalin ke current list.
  7. Preview, Kalian bisa melihat hasil pratinjau daftar pustaka yang kalian buat.

Bila kalian belum memiliki daftar rujukan pada master list, kalian dapat menekan tombol [new] kemudian mengisi daftar rujukan pada form create source, perhatikan isian [type of source] karena akan menentukan jenis rujukan yang kalian buat, jika telah selesai tekan [ok] dan Form create soure tertutup dan secara otomatis list source dan current list terisi dengan daftar rujukan yang baru kalian buat.

Kalian telah berhasil membuat sumber daftar rujukan. Lanjut ketahap berikutnya yaitu menyematkan rujukan

2. Sematkat Rujukan

Untuk menyematkan rujukan sangat mudah, masih pada ribbon [reference] dan pada dropdown [Insert Citation] kalian dapat memilih sumber pustaka yang akan dirujuk.

Dan hasilnya seperti berikut

3. Buat daftar Pustaka

Yang terahir. Bagaimana cara daftar rujukan tersebut dijadikan daftar pustka. Masih tetap pada menu ribbon [Reference] di group [Citation & Bibliography].

Dan hasilnya terlihat seperti gambar berikut

Pada pilihan Style terdapat beberapa style daftar pustaka yang telah berstandar Internasional, pilihlah sesuai kebutuhan kalian. Terakhir pada dropdown Bibliography pilih layout halaman daftar pustaka atau sekedar memasukkan pustaka.

Setelah mengetahui dasarnya, silahkan dikembangkan, tetap berkarya.

Terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *