Skip to main content

Crop foto dengan ukuran yang sesuai menggunakan photoshop

kadang kita ingin memotong (crop) suatu gambar namun ukurannya tidak sesuai dengan harapan atau kita tidak tahu bagaimana cara agar ukuruan yang diinginkan dapat diterapkan pada gambar. Pada photoshop sendiri pengguna sangat leluasa menentukan pengukuran yang diingikan, contohnya bila kita ingin menggunakan ukuran 3 cm maka cukup dengan mengetikkan 3 cm maka ukuran 3 cm akan diterapkan. Bagaimana pengimplementasiannya?

jendela photoshop CS 6

Ini adalah jendela aplikasi photoshop CS 6 masukkan gambar kalian kedalam aplikasi ini. caranya dengan tarik dan lepas gambar ke dalam aplikasi ini atau tekan [file] > pilih [open] atau tekan [ctrl+o].

Jendela photoshop dengan gambar di dalamnya

Seperti pada gambar saya telah menyematkan foto Sasuke ke dalam photoshop. Foto Sasuke tersebut akan saya potong mengjadi ukura 3cm x 4cm biar bisa dipakai untuk melamar kerja. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pilih crop tool dengan menekan tombol [c] atau icon crop pada photoshop

Berikutnya mengisi nilai “3cm” dan “4cm” pada kolom lebar dan tinggi crop, dan hasilnya ukuran crop 3cm x 4cm akan ter lock.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut, kalian dapat menggeseser gambar ataupun mengubah rasio crop, hal tersebut tidak akan mengubah pengukuran yang telah dibuat.

Langkah terakhir icon check dan cropping akan diterapkan lalu simpan ke format gambar yang kalian inginkan seperti .jpg, .png, .bmp, dll

caranya dengan memilih menu [file] dan pilih [save as]

Pilih lokasi penimpanan, nama file dan format gamba lalu tekan save

sekarang pada saat anda menggunakan file tersebut sudah dalam ukuran 3cm x 4cm seberti bila kalian memasukkannya kedalam microsoft word mak ukurannya akan tetap 3cm x 4cm.

Perhatikan size gambar pada aplikasi microsoft word

Terimakasi telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *