Skip to main content

Cara menggunakan nomor halaman pada microsoft word

Untuk memulai menggunakan nomor halaman buka ribbon menu insert cari menu page number dan sesuaikan posisi nomor halaman

Sebagai contoh pada awal pembuatan nomor halaman saya akan menggunakan posisi tengah  bawah, setelah memilih posisi yang sesuai nomor halaman akan tampil. Seperti gambar ini.

Masalahnya adalah bagaimana agar nomor halaman lebih fleksibel saat digunakan, dan saya telah merangkum beberapa masalah yang sering dialami serta cara mengatasinya

1. Awal halaman tidak pakai nomor halaman

Penting untuk dipahami :
Bila nomor halaman yang ingin kalian ubah berada pada posisi atas
maka ubahlah header halaman kalian.
sedangkan bila nomor halaman yang ingin kalian ubah berada pada posisi bawah maka ubahlah footer halaman kalian.

Karena saya menggunakan nomor halaman pada posisi bawah maka yang harus saya ubah adalah footer halamannya, pilih ribbon menu Insert dan cari menu footer dan tekan edit footer dan kalian akan dialihkan ke ribbon menu desain header & footer.

Centang check box Different Fist Page. Dan lihat hasilnya nomor halaman awal kalian sudah tidak. Sedangkan halaman setelahnya tetap tampil

2. Awal halaman posisinya nomornya harus beda dengan halaman lainnya

Lanjutan dari poin 1, posisi halaman awal harus berberbeda dengan halaman lainnya. Sebagai contoh halaman awalnya saya buat berada pada posisi kanan bawah halaman.

Caranya sama seperti pada pertama kali membuat nomor halaman, dengan syarat posisi kursor harus berada pada halaman yang ingin dimanipulasi, dengan posisi different fisrt page masih tercentang, pilih ribbon menu Insert dan pilih menu Page Number kemudian pilih posisi kanan bawah halaman lihat perubahannya seperti terlihat pada gambar berikut.

3. Awal halaman posisinya nomornya harus di atas sedang halaman lainnya di bawah

Setelah poin 2 selesai nomor halamannya belum ada maka cukup ganti pilihan menu page Numbernya saja pilih posisi top of page. Lihat hasilnya pada gambar berikut

4. Halaman ganjil harus beda posisi nomor halamannya dengan halaman genap

Setelah mengetahui cara memanipulasi halaman awal, tahap berikutnya bagaimana memanipulasi halaman ganjil dan genap, kasusnya adalah semua halaman bernomor ganjil harus berada pada posisi bawah kanan sedangkan semua halaman bernomor genap harus berada pada posisi kiri bawah,

Syaratnya, harus berada pada ribbon menu design header & footer, jika kalian sudah keluar dari ribbon menu design header & footer dengan cara pilih menu ribbon Insert lalu pilih menu footer kemudian tekan pilihan edit footer, seperti pada poin pertama.

Pada menu design header & footer centang checkbox different odd & event pages, yang terjadi adalah nomor halaman pada halaman genap hilang, dan yang perlu kalian lakukan adalah buat nomor halaman baru pada posisi kiri bawah halaman pada halaman genap.

Penting untuk dipahami :

jika kalian ingin mengubah halaman letakkanlah kursor pada halaman yang hendak kalian ubah. Jika hendak mengubah halaman ganjil letakkan kursor pada halaman ganjil begitu pula sebaliknya.

Ubah halaman ganjil pada posisi kanan bawah dan ubah halaman genap pada posisi kiri bawah. Hasilnya seperti gambar berikut.

Jika different first page tercentang maka halaman 1 tetap pada kondisi berbeda dan bukan termasuk halaman ganjil.

5. Halaman bab tidak pakai nomor halaman

Pada poin 5 hingga 10 saya mengharapan kalian sudah mengenal penggunaan sesi halaman, namun bila belum kalian masih dapat mengikuti dan menggunakan cara yang akan saya paparkan, mungkin bila ada waktu luang, saya akan bahas cara menggunakan sesi halaman.

Lanjut, untunk menghilangkan nomor halaman pada semua halaman awal bab.

Sebagai contoh saya memiliki tulisan 7 halaman dan pada halaman pertama adalah bab 1 dan halaman ke 4 adalah bab ke 2, dan saya menginginkan pada halaman tersebut tidak memiliki nomor halaman, bagai mana cara?

Lakukan hal yang sama seperti pada poin 1, namun yang hilang Cuma nomor 1 saja  sedangkan nomor 4 tidak hilang, cara menghilangkan nomor halaman pada halaman ke 4 langkahnya adalah sebagai  berikut:

Pertama, letakkan kursor pada awal halaman bab 2 yaitu di halaman 4. Selanjutnya pilih ribbon menu layout pilih menu breks dan tekan next page, lihat hasilnya nomor halaman 4 juga akan hilang.

Lakukan langkah yang sama jika menggunakan bab lebih dari 2 sebagai contoh bab 3 dan seterusnya. Dengan menekan pilihan next page berarti kalian telah membagi halaman menjadi beberapa sesi halaman.

6. Awal halaman Bab posisinya nomornya harus beda dengan halaman lainnya

Masih  menggunakan contoh pada poin 5, Bila kalian memberikan nomor halaman pada Bab 1 seperti pada contohpoin 2 maka bab berikutnya akan menyesuaikan dengan bab 1 dengan syarat kalian telah membagi sesi halaman dengan mengikuti langkah pada poin 5.

7. Awal halaman bab posisinya nomornya harus di atas sedang halaman lainnya di bawah.

Poin 7 masih sama seperti cara pada poin 3. Namun harus membagi sesi halaman seperti poin 5. Lakukan hanya pada sesi pertama saja dan sesi setelahnya akan mengikuti style pada sesi pertama

8. Tiap bab harus dimulai dengan nomor 1.

Masih memanfaatkan pembagian sesi pada poin 5. Jika kalian ingin mengubah nomor halaman pada bab 2 menjadi nomor 1 maka letakkanlah kursor pada bab 2 dan pilih menu ribbon insert dan pada tombol page number pilih format page number.

Kotak page number format akan tampil. Dan pilih page number start up 1 atau isikan dengan nomor yang lain jika menginginkan nomor yang lain.

Untuk mengubah bab yang lain, ulangi langkah ini.

9. Harus pakai nomor romawi.

Tetap terapkan pembagian sesi pada poin 5. Kasusnya adalah bila nomor halaman bab 1 harus di rubah menjadi halaman romawi caranya adalah dengan, pilih menu ribbon insert dan pada menu page number pilih format page number seperti pada poin 8, Kotak page number format akan tampil, pada pilihan number format pilih nomor romawi.

10. Halaman romawi harus di tengah, sedangkan halaman lainnya berada di sisi kanan

Masalah berikutnya adalah menerapkan style yang berbeda pada tiap sesi halaman.

Saya menganggap kalian telah mengerti cara-cara sebelumnya, contohnya bila nomor halaman romawi saya letakkan di tengah halaman maka yang terjadi adalah halaman pada sesi yang bukan halaman romawi ikut ke posisi tengah. Bagai mana caranya agar hal ini tidak terjadi?

Sama masih menggunakan contoh yang sama seperti pada poin 5, yaitu saya memiliki tulisan 7 halaman dan pada halaman pertama adalah bab 1 dan halaman ke 4 adalah bab ke 2 dan saya telah membaginya menjadi 2 sesi seperti cara pada poin 5. selanjutnya sanya menginginkan style berbeda di tiap sesinya, caranya

Arahkan kursor pada sesi setelahnya yaitu bab 2, Pilih insert lalu pilih header jika nomor halaman berada pada posisi header atau footer jika posisinya berada pada footer halaman, dan pilih edit header atau edit footer. Dan hilangkan check pada cheked link to previous

Yang artinya bila cenyangnya terlepas maka sesi tersebut sudah tidak terkait lagi dengan sesi sebelumnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, jika different first page tercentang maka halaman awal dan laman berikutnya harus di hilangkan pilihan  link to previous

Kedua, jika different odd & even page nya juga tercentang maka halaman ganjil dan genap juga harus di hilangkan link to previous

Terima kasih telah berkunjung. Akhir kata pelajari perubahan yang terjadi dan selamat berkarya.

Tinggalkan Balasan