Skip to main content

Windows-Menulis Arab

١٢٣٤٥٦٧٨٩٠

Langsung ke contohnya saya menggunakan Microsoft Windows 10, yang harus kalian lakukan dengan cara mengubah input keybord kalian menjadi arabic. caranya?

Lihat Gambar 1. Pada pojok kanan bawah komputer kalian terlihat kata ENG jika layout keybord kalian menggunakan bahasa Inggris atau IND jika layout keyboard kalian Indonesia, dan yang harus kalian lakukan adalah menambah 1 lagi layout keyboard kalian yaitu arab, caranya dengan mengklik kata ENG tersebut dan pilih Language Preferences dan halaman Language akan tampil. Lihat Gambar 2.

Gambar 1. Language Preferences
Gambar 2. Halaman Language

Langkah selanjutnya tekan Add a preferred Language dan ikuti langkah berikutnya.

Gambar 3. Pilih Bahasa

Jendel berikutnya adalah pilihan bahasa yang akan digunakan, pilih Central Kurdish dan Next.

Kenapa menggunakan Central Kurdish bukannya Saudi arabia atau bahasa arab yang lainnya? Karena, Layout keyboard Central kurdish salah satu layout yang menggunakan bukan hanya huruf arab tapi juga menerapkan nomor arab pada keybordnya.
Gambar 4

Lihat pilihan pada gambar 4. Jangan centang pilihan set as my dispalay language karena bila kalian mencentangnya bahasa pada windows kalian juga ikut jadi bahasa arab, jadi centang saja install language pack dan tekan tombol install dan kalian sudah memiliki layout keyboard Central kurdish.

Gambar 5

Bagaimana cara pakainya?

  1. Beli Keyboard arab.
  2. Gunakan keyboard qwerty dan hafal posisi tombol arab.
  3. Gunakan virtual keyboard windows.

Dan saya akan mempraktekkan cara yang ke 3. Gunakan virtual keyboard windows. Lihat gambar 6. ketik “keyboard” pada pencarian dan pilih on-Screen Keyboard

Gambar 6

dan lihat hasilnya virtual keyboard arab akan tampil, gunakan keyboard tersebut untuk mengetik. 🙂

Gambar 7 On-Screen Keyboar

Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan