Ms. Word – Daftar Isi


Daftar isi


Apa jadinya bila kamu bekerja pada seseorang atau sedang mengerjakan laporan ahir dan mendapatkan banyak sekali revisi dari reviewer?, Salah satu yang harus memakan waktu banyak adalah membuat ulang daftar isi. Sekarang saya memberi jalan keluar bagaimana membuat daftar isi agar bekerja secara “otomatis”?

Tips: Lakukan pembuatan daftar isi tersebut bersamaan dengan proses pengetingan, fungsinya agar kalian tidak usah lagi menyortir sub apa saja yang akan dimasukkan di daftar isi karena sudah di lakukan bersamaan dengan proses pengetikan.

Pengaturan Style Heading

Langsung saja ke pembahasannya. perhatikan gambar dibawah, lihat kolom style

untuk mempermudah pembuatan daftar isi kita dapat memanfaatkan style heading.

Langkah awal modify style heading 1. Cara mudahnya klik kanan style heading 1 dan pilih menu Modify. Sebagai contoh style heading 1 saya atur sebagai bullet A, style heading 2 saya atur sebagai bullet 1 dan style heading 3 saya atur sebagai bullet a.

form Modity Style

Lihat gambar form Modify Style Atur Numbering, dengan cara menekan tombol dropup Format lalu pilih menu Numbering… dan form Number and Bullet akan tampil, sesuai kesepakatan untuk heading 1 pilih numbering Alphabet huruf kapital. Begitu pula dengan style Heading 2 pilih Numbering Nomor dan style Heading 2 denganNumbering Alphabet huruf kecil. Dengan menyelesaikan proses tersebut maka proses persiapan telah selesai.

style heading yang telah jadi

Buat kerangka judul

Sebagai bahan praktek, buatlah seperti gambar diatas, contoh tersebut nantinya akan kita sematkan style yang telah di atur sebelumnya. Cara menyematkan cukup mudah cukup letakkan cursor pada baris teks yang akan di sematkan dan pilih style sesuai heading yang inginkan, contoh

teks judul 1, judul 2 dan judul 3 kita sematkan style heading 1.

teks sub 1 judul 1, teks 2 judul 1 dan teks 3 sub 1 kita sematkan style heading 2.

teks sub 1 sub 2 judul 1 dan sub 2 sub 2 judul 1 kita sematkan style heading 3

Hasil penyematan style akan terlihat seperti gambar di bawah, dan selesailah pembutan kerangkan judul, saatnya mengisi judul tersebut. Lakukanlah seperti membuat teks biasa.

Membuat daftar isi

Langkah penting selanjutnya adalah membuat daftar isinya, letakkan kursor di awal tulisan dan tekan ctrl+enter untuk membuat halaman baru di halaman depan

Halaman kosong tersebut akan di isi dengan daftar isi otomatis yang akan di buat. Cara buatnya tidak terlalu sulit, pilih ribbon menu references dan pada menu dropdown Table of Contens pilih daftar isi sesuai kebutuhan anda. Sebagai contoh saya menggunakan Automatic Table 1

dan hasilnya akan terlihat pada gambar berikut

Kenapa saya mengatakan ini otomatis, karena dengan menekan tombol Update Table, maka nomor halaman akan berubah sesuai halamannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.