Skip to main content

Ms. Word 2016 – Menggunakan indent pada paragraf


Menggunakan indent? mungkin lebih tepatnya mengatur indents dari paragraf. Indent itu apa? bila pengaturan indent telah diterapkan maka paragraf yang diberi nilai indent akan menjorok ke tengah halaman, lihat ilustrasi pada gambar 1.

gambar 1. ilustrasi halaman

Lihat ilustrasi, pada paragraf 2 terdapat area indent yang digambarkan dengan area bergaris sortir.

Indent pada Ms. Word

Indent pada ms.Word berada pada ruler horizontal, simbolnya akan tergambar seperti segitiga dan dapat digeser, lihat gambar 2 dan 3.

Gambar 2. icon left indent
Gambar 3. icon right indent

Left Indent

Sebelum mengubah indent sebaiknya kursor pengetikan telah berada pada paragraf yang hendak di kerjakan. Lihat gambar 4, sebagai contoh bila paragraf ke 2 akan diubah indennya maka posisi kursor harus berada pada paragraf ke 2.

Gambar 4. posisi kursor berada pada paragraf 2.

Geser kekanan icon kotak pada indent left untuk memindahkan atau menggeser left indent, jika indent digeser hingga menindih no 1 maka jarak indent tersebut adalah 1cm (jika menggunakan unit pengukuran centi meter) atau gunakan kombinasi tombol ctrl+m untuk memindahkan indent left sebanyak 1 tab (1.27cm) dan tekan kombinasi ctrl+shift+m mengembalikan indent.

Unit pengukuran pada ms.Word secara default adalah inch jika ingin mengubah unit ukur tersebut baca https://mesinketik.com/ms-word-atur-tata-letak-sebelum-bekerja/ dan cari paragraf tentang mengubah unit ukur.

Dan untuk lebih spesifik dalam menggunakan indent dapat gunakan atau buka dialog paragraph, dengan pilih menu home dan tekan icon panah sebelah kiri bawah group paragraph, lihat gambar 5.

gambar 5.

atau langkan lainnya adalah dengan masuk menu ribbon layout dan tekan icon panah sebelah kiri bawah group paragraph, lihat gambar 6.

Gambar 6.

Proses pada gambar 5 dan gambar 6 akan menghasilkan atau menampilkan hasil yang sama yaitu menampilkan dialogbox pargraph. lihat gambar 6.

Gambar 7. Dialog box paragraph

Pada gambar 7 terlihat satu form yang dipisah oleh beberapa groupbox, yaitu Group General, indentation, spacing dan preview.

Pada tulisan kali ini akan fokus pada indents paragraf, lihat gambar 8. Area bergaris merah akan jadi ranah praktek saat ini.

Gambar 8. Indentation Paragraph

Left indent juga dapat diatur dengan mengisi form Before Text . Lihat gambar 9.

Gambar 9. Indentation Before Text

Dengan mengisi Before text indent text akan menjorok kedalam sebanyak nilai yang diberikan. Sebagai contoh before text sebanyak 3 cm. Lihat hasilnya pada gambar 10.

Gambar 10. Pemberian left indent sebanyak 3 cm

Right Indent

Untuk right Indent tidak ada tombol shortcut untuk memicunya, namun ada 2 cara untuk membuatnya *)pertama, geser right indent sesuai keinginan (lihat gambar 3) atau *)kedua, isi nilai indentnya pada form After text pada form paragraph, lihat gambar 11.

Gambar 11. Indentation after Text

Seperti pada left indent jika isian After text diisi maka right indent akan berubah sesuai nilai isian yang diberikan, sebagai contoh isi After text sebanyak 3 cm, maka hasilnya akan tervisualisasi seperti gambar 12.

Gambar 11. Pemberian Right indent sebanyak 3 cm

Dan bila keduanya diisi maka left dan right indent akan menjorok kedalam margin paragraf.

Mirror Indent

Gambar 12. Pilihan Mirror Indents

Apa yang terjadi bila mirror Indents ter centang? *)Pertama, Before text dan after text akan menjadi inside dan outside lihat gambar 13 dan *)Kedua, Efek cermin pada halaman akan terbentuk pada halaman genap.

Gambar 13. Mirror Indents tercentang

Efek dari mirror indents tercentang, pada halaman ganjil tidak akan menampilkan perubahan apapun tapi bila kursor diletakkan pada halaman genap maka efek cerminpun terjadi, sebagai contoh berikan nilai 3 cm pada paragraf pertama hamanan ke dua. Hasilnya terlihat seperti gambar 14.

Gambar 14. Hasil Mirror Indens

Pada gambar 14 terlihat bahwa Left indent bergeser ke dalam namun paragraf sebelah kanan yang menjorok ke dalam dan begitu pula bila outside yang di isi akan memberikan efek cermin pula.

Special Indent

Terdapat 2 macam special indent pada microsoft word yaitu first line dan hanging. First line dan hanging tidak dapat di fungsikan secara bersamaan, bila menggunakan first line maka baris pertama pada paragraf akan menjorok kedalam dan bila menggunakan hanging paragraf akan menjorok ke dalam kecuali baris pertama. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaannya.

Gambar 15. Special Indent

Firs line Indent

Lihat gambar 15. Pilih First line dan isi pada kolom by. Sebagai contoh isi 3cm maka hasilnya akan terlihat seperti gambar 16.

Gambar 16. first line indent

Hanging Indent

Jika menggunakan hanging indent maka paragraf yang dipilih akan menjorok kedalam kecuali baris pertama paragraf tersebut. lihat gambar 17.

Gambar 17. Hanging Indent

Pembahasan mengenai Indentation telah selesai, silahkan di praktekkan, kembangkan dan menulislah dengan nyaman.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *