Skip to main content

Thumbnail SVG file di Explorer Windows 10

Scalable Vector Graphics (SVG) adalah format gambar yang menggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor dua dimensi. format gambar yang ini dikembangkan oleh Word Wide Web Consortium (W3C).

Sebuah gambar dengan format SVG disimpan dalam bentuk file XML. Ini berarti, SVG dapat dicari, di-index, ditulis dengan bahasa pemograman dan dikompres. Karena berbasis XML, SVG dapat dibuat dan disunting dengan aplikasi teks apa saja dan beberapa mungkin semua aplikasi perambah website sudah mendukung format svg.

Untuk lebih profesional SVG dapat di kelola menggunakan aplikasi peengolah vektor seperti adobe ilustrator dan CorelDraw atau inkscape sbagai alternatif freeware sofware pengolah vektor.

Diatas adalah sedikit intermezzo tentang File SVG, dan yang menjadi masalah saat ini adalah file SVG tidak tampil dalam thumnail windows explorer.

Gambar 1. file SVG di thumbnail windows explorer.

Contoh file SVG adalah file fontawesome dapat didownload secara gratis di https://use.fontawesome.com/releases/v5.13.0/fontawesome-free-5.13.0-desktop.zip. File SVG tersebut hanya terlihat sebagai icon aplikasi dan untuk melihat filenya harus di buka terlebih dahulu, tidak seperti layaknya file gambar lainnya. Pasti sangat merepotkan bila akan mencari gambar untuk digukanan seperti pada gambar 1 terdapat 446 file dan harus dibuka dulu untuk melihat preview nya.

Yang dibutuhkan agar preview file svg dapat terlihat pada windows explorer adalah aplikasi svg-explorer-extension

Gambar 2. link download svg_explorer_extension

Scrol halaman kebawah hingga menemukan link download seperti pada gambar 2, sesuaikan dengan sistem yang kalian gunakan, bila kalian belum tahu akan mendownload yang mana silahkan baca tulisan www.mesinketik.com/ms-windows-32-bit-atau-64-bit/.

setelah selesai di dowload install seperti biasa, cara instalnya pun sangat gampang, cukup dengan klik 2 kali file svg-explorer-extension dan ikuti langkanya dalam proses intalasinya tidak ada pilihan yang bikin pusing cuma pernyataan persetujuan syarat dan ketentuan perjanjian lisensi. jangan khawatir licensinya gratis kok.

Setelah download dan instal file SVG, file SVG kalian akan tampil dalam thumbnails windows explorer. seperti pada gambar 3.

Gambar 3. Preview Thumnails file SVG

Link terkait

svg-explorer-extension

fontawesome (sebagai contoh)

baca ini jika bingung mau download yang 32bit atau 64 bit

terimakasih…

selamat berkarya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *